Jeans Nudie Go Green

jeans nudie bekas

“Teknologi pengolahan katun daur ulang untuk dari Nudie Jeans…”

Jeans Nudie Go Green. Buat kalian penggemar berat jeans.. sekarang Jeans Nudie go green loh! Karena salah satu merek jeans terkenal kesayangan kita ini telah bergabung bersama beberapa merek terkenal lain nya seperti Acne, Cheap Monday dan Flippa K dalam sebuah Non Governmental Organization (NGO) bernama Fair Wear Foundation (FWF). Mungkin selama ini banyak yang belum tahu, bahwa jeans Nudie dibuat menggunakan 100% katun organik. Berikut cerita-cerita menarik mengenai Jeans Nudie yang ramah lingkungan:

Produsen jeans terkenal asal Swedia ini yang memiliki 20 ritel di seluruh dunia ini ikut berpartisipasi dalam kampanye ramah lingkungan mereka yang bertema: “This Blue is Green” semenjak tahun 2011. Kampanye yang dilakukan oleh Nudie ini membuktikan bahwa produsen-produsen dari industri tekstil pun dapat berpartisipasi untuk ikut melestarikan lingkungan, tentunya dari lingkungan sekitar pabrik mereka yah! Apa yang menyebabkan jeans Nudie go green sebenarnya? Sebenarnya karena Nudie merasa adanya potensi mereka untuk dapat membuat suatu perbedaan bagi lingkungan dari hasil produksi denim yang selama ini kita pakai.

This Blue is Green

Jeans Nudie go green menuturkan bahwa, katun adalah serat (fibre) yang menyebabkan masalah lingkungan terbesar dalam produksi tekstil. Dengan kampanye “The Blue is Green”, Nudie berusaha untuk menggunakan katun organik (organic cotton) untuk setiap denim. Sedangkan untuk memproduksi pakaian, Nudie lebih memilih untuk mendaur ulang katun mereka, karena ini merupakan langkah yang lebih environmental-earth. Nudie memanfaatkan katun yang dapat di daur ulang, karena umumnya sampai dengan 40% dari produk yang berbahan dasar katun dibuang begitu saja oleh produsen tekstil.
Dalam beberapa produk atasan mereka seperti dress dan blouse, jeans Nudie go green ini juga menggunakan linen organik loh! Dalam beberapa kain linen organik nya, mereka juga mencampurkan non-organik wol atau katun kedalam nya sehingga jadilah baju-baju berkualitas tinggi dan siap untuk kalian pakai!

Buat kalian yang bertanya-tanya mengenai pengolahan katun organik pada pabrik jeans Nudie. Kita lihat yuk proses jeans Nudie go green, dalam mengolah katun organik nya!

Proses pertama, katun-katun dipetik oleh beberapa pekerja di ladang

Nudie Cotton Field
Proses kedua, katun-katun yang sudah dipetik kemudian di kumpulkan disebuah kotak kayu, untuk di bawa ke dalam gudang

Nudie Jeans Denim Cotton

Proses ketiga, katun-katun tersebut dimasukan ke dalam gudang dan diberi sinar cahaya yang cukup sebelum di produksi menjadi kain denim

Nudie Cotton Warehousing

Nudie Organic Cotton Sample

Denim Cotton Nudie
Proses keempat, katun-katun organik tersebut diolah hingga menjadi bahan denim yang selama ini dipakai oleh kalian

Bahan Jeans Denim

Jahit Nudie Jeans

Bahan Denim Jeans Nudie

Nudie Jeans Factory

Berterimakasilah kepada jeans Nudie go green dan perkembangan baru dalam teknologi pengolahan katun nya. Sehingga mereka telah memungkinkan untuk mendaur ulang limbah katun menjadi kain dan menggunakannya kembali untuk produk mereka sendiri.

Kita lihat salah satu produk Nudie yang terbaru bernama Nudie x Barney’s yuk! Denim yang satu ini merupakan salah satu hasil produksi dari kampanye The Blue Is Green yang menggunakan bahan-bahan dasar limbah katun itu loh!
Nudie x Barney'sJeans Barney's Mix Nudie

Wah rupanya kita sekarang tidak hanya terlihat keren saja saat sedang menggunakan  jeans Nudie go green ini. Tetapi dengan kita berkontribusi untuk membeli produk-produk dari bahan daur ulang, artinya kita juga ikut berkontribusi untuk melestarikan bumi kita dari limbah-limbah katun yang tidak bisa diperbaharui itu, lewat kampanye The Blue is Green milik Nudie!

Article by: Ivyanno Canny

Leave a comment